614 Mahasiswa Dapatkan Beasiswa Jabar Future Leaders 2022

JABARNEWS.ID, Bandung: Sebanyak 614 mahasiswa menerima beasiswa Jabar Future Leaders (Jabar Future Leaders Scholarship/JFLS) tahun 2022. Simbolis penerimaan beasiswa diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (24/10/2022).

Kadisdik mengatakan, jumlah pendaftar JFLS tahun ini mencapai 30 ribu mahasiswa. Selain berkolaborasi dengan 116 perguruan tinggi di Jabar, JFLS pun memberikan kesempatan bagi mahasiswa Jabar yang berkuliah di empat perguruan tinggi di luar Jabar, yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Selain pemberian beasiswa, lanjut Kadisdik, para mahasiswa pun mendapatkan kesempatan untuk magang dan pendampingan. “Ini syarat mereka untuk jadi pemimpin dan memberikan kontribusi langsung bagi kemajuan Jabar dengan membuat inovasi.

Ada beberapa aplikasi buatan mereka yang akan di terapkan di Jabar,” tuturnya, seraya menambahkan, sehingga dalam kegiatan ini dipilih 3 business plan terbaik karya mahasiswa JFLS tahun 2022 yang dikerjakan secara kelompok.

Kadisdik menjelaskan, jumlah penerima yang menurun tak lepas dari kondisi anggaran. Meski demikian, Kadisdik optimis tahun depan jumlah penerima beasiswa akan bertambah. “Jika tahun lalu (anggarannya) 25 miliar rupiah, tahun ini anggarannya hanya 9,8 miliar rupiah. Tapi, tahun depan diperkirakan meningkat,” ungkap Kadisdik.

Jawab Permasalahan Bangsa dengan Inovasi

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berpesan, sebagai calon pemimpin, mahasiswa harus bisa menjawab permasalahan dengan inovasi. Foto: Disdik Jabar.
Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berpesan, sebagai calon pemimpin, mahasiswa harus bisa menjawab permasalahan dengan inovasi. Foto: Disdik Jabar.

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berpesan, sebagai calon pemimpin, mahasiswa harus bisa menjawab permasalahan dengan inovasi. “Leader itu problem solver. Bisakah Anda-anda berkontribusi untuk selesaikan satu-dua masalah di Jabar. Dari inovasi yang sudah dibuat (oleh mahasiswa JFLS), itu menandakan seribu masalah seribu solusi,” pesannya.

Gubernur pun tak sabar menanti kiprah para mahasiswa kelahiran Jabar untuk memberi kontribusi bagi bumi Pasundan. “Mudah-mudahan, para penerima fokus menyelesaikan studi dan ditunggu kiprahnya untuk Jabar dalam bentuk apapun,” tegasnya.

Salah satu penerima beasiswa, Rizky Ramadhan Sayyid Zenyda pun sangat berterima kasih kepada Pemprov Jabar atas kesempatannya memperoleh beasiswa tersebut. Melalui beasiswa ini, ia termotivasi untuk terus bersemangat menempuh pendidikan.

“Beasiswa JFL juga memotivasi generasi emas Jabar untuk terus ber-progress dan menghasilkan prestasi. Bukan hanya akademis, tapi juga non-akademis untuk masa depan,” ucap mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran tersebut.

Sebanyak 614 mahasiswa penerima JFLS 2022 terbagi beberapa kategori, yakni:

  • Beasiswa pendidikan D4/S1 penuh

  • Bantuan biaya pendidikan S2 dan S3

  • Beasiswa pendidikan untuk jenjang D3 program studi di luar kampus utama (PSDKU) D4/S1 PSDKU

  • Beasiswa pendidikan D3/D4/S1 percepatan akses pendidikan tinggi

  • Beasiswa pendidikan D3/D4/S1 afirmasi

  • Beasiswa prestasi seni dan budaya

  • Beasiswa prestasi olahraga

  • Beasiswa prestasi aktivis

  • Beasiswa prestasi keagamaan

*(Adv/Disdik Jabar)

Redaksi
Author: Redaksi

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed