Dosen Geologi ITB Budi Brahmantyo Meninggal dalam Kecelakaan di Tol Purbaleunyi

Sabtu, 28-04-2018 21:15 WIB    261 VIEWS
Dosen Geologi ITB Budi Brahmantyo Meninggal dalam Kecelakaan di Tol Purbaleunyi

Bandung-JABARNEWS.ID: Pakar ilmu bumi dan Dosen Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, Budi Brahmantyo meninggal dunia dalam kecelakaan di Km 145 Tol Padaleunyi, Sabtu 28 April 2018.

Bus yang ditumpanginya mengalami tabrakan saat sedang dalam perjalanan menuju Gunung Papandayan, Garut bersama rekan-rekan alumni angkatan 1982 ITB.

“Kami sampaikan kabar duka dari ITB. Telah meninggal dunia Dr.Ir. Budi Brahmantyo M.Sc., staf pengajar di Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB.” Demikian isi pernyataan resmi dari Direktur Humas dan Alumni ITB Samitha Dewi Djajanti.

“Kami sivitas akademika dan segenap keluarga besar ITB turut berduka dan sangat kehilangan beliau sebagai salah seorang pakar Geologi terbaik di ITB,” ujar Samitha Dewi Djajanti mewakili kampusnya. 

Bus dan truk tronton tanpa muatan terlibat kecelakaan sekitar pukul 10.00. Budi Brahmantyo, yang merupakan satu-satunya korban jiwa, meninggal di lokasi kejadian.

"Bus pariwisata dengan nomorpolisi D 7915 AO yang dikemudikan Dodi Fitriadi (41), warga Cipedes, menabrak bagian belakang Truk dengan nomorpolisi B 9577 SDD yang dikemudikan Sartika Raharja (33), warga Sumedang," kata Panit PJR Tol Padaleunyi, Ipda Yayan Tirtayana dalam wawancara yang disiarkan Radio PRFM.

Budi Brahmantyo meniggal setelah terlempar keluar bus. Korban terlempar karena duduk di bagian depan bus dengan kondisi pintu terbuka.

"Korban sudah dievakuasi ke RS Sartika Asih. Sementara untuk sopir dan penumpang lainnya tidak mengalami luka," tuturnya.

Yayan menjelaskan, kecelakaan bermula saat truk tronton mengubah lajurnya ke jalur cepat. Dari arah belakang, bus kurang mengantisipasi sehingga menabrak bagian belakang truk."Lalu truk oleng sementara bus oleng ke bahu jalan," lanjutnya.

Petugas kepolisian segera melakukan olah Tempat Kejadian Perkara. Kasus kecelakaan itu kini sudah dilimpahkan ke Polretabes Bandung untuk penyelidikan lebih lanjut.

Budi Brahmantyo merupakan salah satu pakar ilmu kebumian yang aktif dalam berbagai penelitian. Dia tercatat sebagai anggota pemerhati karst dari Kelompok Riset Cekungan Bandung

Selain itu, Budi Brahmantyo juga dikenal dekat dengan jurnalis serta akademisi lintas ilmu karena keramahan dan kemurahannya dalam berbagi pengetahuan.***