Mahasiswa UPI Menolak Anarkisme

Selasa, 22-10-2019 12:34 WIB    93 VIEWS
Mahasiswa UPI Menolak  Anarkisme

Senin, 21 Oktober 2019 15.30 WIB

BPO KM FPTK UPI, BANDUNG – Maraknya aksi dari para mahasiswa di seluruh Indonesia telah menimbulkan kerusuhan yang kerap memunculkan korban. 
Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (BEM REMA UPI) mengatakan bahwa anarkis adalah tindakan yang merusak. Demonstrasi tidak akan menjadi anarkis apabila semua elemen siap untuk bekerjasama.
Sebagaimana Dr. Hasbullah S.Pd., M.T., dosen di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia (FPTK UPI) menyebutkan, demokrasi yang sedang dijalani saat ini tidak terlepas dari elemen dasarnya, antara lain parlemen, rakyat dan pemerintah. 
“Mahasiswa bukan hanya berpolitik praktis, namun juga harus kuat secara intelektual, sehingga ketika menyampaikan aspirasi akan mampu turut memberikan solusi” jelasnya.
Hendra Guntara selaku Ketua DPO KNPI Kota Bandung dalam diskusi yang dilaksanakan pada Senin (21/10/2019) menuturkan, Indonesia hari ini nampaknya sedang diganggu oleh pihak luar yang membawa kepentingan, didukung oleh rendahnya budaya literasi di Indonesia. 
“Mari kita sampaikan aspirasi dengan cara yang santun. Sangat mungkin terjadi adu domba dan bentrokan sehingga akhirnya substansi yang diperjuangkan akan hilang,” ujarnya.
Menurutnya, hal itu dapat dimulai dengan meningkatkan kualitas diri sehingga demokrasi di Indonesia semakin matang.
Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Rafael Situmorang, S.H. berpendapat bahwa ruang demokrasi saat ini lebih terbuka. Sosialisasi pemerintah haruslah dilaksanakan secara lebih intens.
Ia pun mengajak untuk memperbaiki partai politik agar menjadi partai yang akuntabel.
“Jabatan politik ditentukan oleh partai politik. Partai politiklah penentu negara ke depan. Mari berlatih menjadi politisi yang bersih. Apabila partainya sehat, maka calon-calon pemimpinnya akan sehat pula,” tutup Rafael.


Penulis: Salsabil Muthmainnah