DJuariah Usia 82 Tahun Masih Eksis Melukis

Senin, 16-12-2019 23:46 WIB    203 VIEWS
DJuariah Usia 82 Tahun Masih Eksis Melukis

Bandung-JABARNEWS.ID: DJuariah adalah istri dari pelukis terkenal Popo Iskandar masih tetap eksis melukis meskipun telah ditinggal suaminya. Usia senja 82 tahun tidak pantang menyerah untuk tetap eksis melukis meskipun masih kaku dalam menggores kuasnya. Bagi Juariah melukis adalah hoby dan juga bakatna.

DJuariah mengatakan “ ibu melukis adalah salah satu hoby dan juga mengembangkan bakat sejak suami ibu  Popo Iskadar menjadi pelukis sampai beliau meninggal dan mewariskan beberapa karya-karya beliau. Waktu di Paris beliau sering melakukan pameran lukisan disana. Dan disanalah awalnya ibu iseng-iseng melukis dan kata bapak bagus dan ada bakat, dan ini beberapa karya bapak dan ibu yang dipamerkan di villa hawadesa. Sejak bapak meinggal ibu masih masih melukis namun kadang-kadang tidak seperti dulu waktu bapak masih ada.” Ujarnya kepada jabarnews.id (14/12/2019)

Popo Iskandar lahir di Garut, Jawa Barat. Ayahnya, R.H. Natamihardja adalah pensiunan mantri bank. Sejak kecil ayahnya mengharapkan Popo menjadi arsitek. Meskipun gagal di jurusan arsitektur, tetapi dia berhasil meraih gelar sarjana muda matematika. Popo memulai pendidikan melukisnya pada zaman Jepang berkuasa di Indonesia. Setelah itu, ia masuk Institut Teknologi Bandung (ITB) 1953. Dia pernah mengajar di IKIP Bandung. Angkama, kakaknya yang berprofesi sebagai guru gambar HIS, sangat memengaruhi minat Popo terhadap seni melukis. Popo pernah mendapat bimbingan dari dua orang guru, yakni Hendra Gunawan dan Barli Samitawinata.

Lukisan Popo juga banyak dipengaruhi oleh gurunya di Jurusan Seni Rupa ITB, Ries Mulder asal Belanda yang kiblat melukisnya pada mazhab Kubisme dan Abstrak. Namun, pengaruh realisme Hendra Gunawan cukup kuat sehingga pada perkembangannya, Popo menemukan gayanya sendiri dalam melukis.

Penulis : Redaksi

Editor : Hakim Nur