Iman Lestariyono: Uji Publik Kembali Terkait Omnibus Law

Sabtu, 07-03-2020 12:29 WIB    47 VIEWS
Iman Lestariyono: Uji Publik Kembali Terkait Omnibus Law

Bandung-JABARNEWS.ID: Kasus mengenai UU Omnibus Law menjadi berita menarik karena menyangkut hajat hidup orang banyak, di sisi lain UU ini juga berpeluang menuai kontroversi karena disinyalir akan ada pihak yang dirugikan.

Ketua Fraksi PKS Kota Bandung Iman Lestariyono mengatakan Omnibus Law merupakan Metode Percepatan Pembentukan UU yang mencakup beragam materi, hal ini bagian dari inovasi yang semangatnya bisa menjadi akselerasi perekonomian, investasi, dan penciptaan lapangan kerja.

Pembentukannya harus berpedoman pada Asas Formil & Materil, juga harus ada keterbukaan sejak expose naskah akademik hingga pembahasan pasal demi pasal di dalam draft RUU nya. Perlu kehati-hatian karena akan ada implikasi yang tidak sederhana terhadap peraturan-peraturan terkait yang sudah terlebih dahulu disahkan.

Iman menambahkan UU Omnibus law ini ranah pusat, tapi kita harus bersiap mengantisipasi berbagai reaksi ketidakpuasan yang bisa bedampak instabilitas di Kota Bandung. Respon Buruh yang menolak Omnibus Law bisa kita pahami sebagai bentuk kehawatiran mereka terhadap kepastian status dan jaminan kesejahteraan yang bisa dilemahkan secara UU, mengingat prinsip RUU Cipta Kerja easy firing dan easy hiring, dengan dalih memudahkan masuknya investasi, pengusaha bisa saja melakukan pemecatan dan pengurangan hak buruh secara sewenang-wenang.

“RUU Omnibus Law harus disertai Uji Publik, dari proses ajuan awal hingga tahap sosialiasi pelaksanaannya." Ujarnya kepada jabarnews.id.

Penulis : Redaksi

Editor: Hakim Nur