Si Mantul Jadi Maskot Pilkada Kab Bandung 2020

Minggu, 08-03-2020 13:55 WIB    50 VIEWS
Si Mantul Jadi Maskot Pilkada Kab Bandung 2020

Soreang-JABARNEWS.ID: Komisi Pemilihan Umum Kab Bandung menggelar Medal Pilkada 2020. Kata Medal ini berasal dari Bahasa sunda artinya terbit atau launching. Acara medal ini skaligus dengan launching Maskot Pilkada Kab Bandung 2020 yaitu si Mantul (Macan Tutul) bertempat di Halaman Stadion Sijalak Harupat Kab Bandung, Minggu (08/03/2020).

Ketua KPU Kab Bandung Agus Baroya mengatakan “ terpilihnya maskot Pilkada Kab Bandung 2020 yaitu Si Mantul (Macan Tutul) adalah hasil dari dewan juri adapun dengan juara kedua dan ketiga masing-masing beda desain dan konsep logo maskotnya. Dan Akhirnya jatuh pilihan Maskot ini kepada Si Mantul yang di desain oleh saudara Ikhsan Dwiono. “ ujarnya.

Adapun dengan filosofinya yaitu Mancan Tutul merupakan salah satu jenis fauna endemic Kabupaten Bandung yang tersebar di daerah Gunung Tilu Pangalengan. Peran Macan tutul sangat signifikan dalam menjaga kelestarian ekosistem linkungan dengan memelihara rantai makanan agar tetap mengalir secara alami.

Hal inilah selaras dengan tema Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung 2020 yang dicanangkan oleh KPU Kabupaten Bandung, yaitu Pepeling (Pemilihan Peduli Lingkungan). Disamping sebagai penegak dan penjaga demokrasi, KPU Kab Bandung juga mengajak seluruh elemen untuk senantiasa memelihara kelestarian lingkungan.

Desain maskot Macan Tutul memakai pakain warna abu yang menggambarkan netralitas KPU Kab Bandung sebagai penyelenggara pemilihan. Tangan kanan memegang surat suara dan tangan kirim memegang paku pencoblosan, artinya sebagai warga negara yang baik dan bijak, tidak menyia-nyiakan kesempatan menggunakan hak pilihnya untuk dating dan mencoblos di TPS.

Penulis: Redaksi

Editor: Hakim Nur