KPU Kab Bandung Siap Lanjutkan Tahapan Pilkada Serentak 2020

Minggu, 14-06-2020 21:21 WIB    100 VIEWS
KPU Kab Bandung Siap Lanjutkan Tahapan Pilkada Serentak 2020

JABARNEWS.ID: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, H. Agud Baroya, mengatakan, KPU berencana menggelarPemilihan Umum kepala daerah (Pemilukada) 9 Dedember 2020. Rencana tersebut  sesuai dengan turunnya Peraturan KPU Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019, tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020  tanggal 12 Juni 2020.

Perubahan peraturan KPU tersebut, lanjutnya, berdasarkan adanya data penyebaran covid-19 pertanggal 10 Juni 2020 yang menunjukkan,  Kabupaten Bandung berhasil menurunkan level kewaspadaan dari level kuning menjadi level biru. Di samping buah kerja keras  Tim Gugus Tugas serta pihak terkait lainnya, kondisi ini juga mencerminkan tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat Kabupaten Bandung untuk melaksanakan imbauan pemerintah.

Sejak saat ini, ia sebut seluruh aktivitas penyelenggaraan tahapan Pemilkada 2020 dimulai. Berdasarkan Peraturan KPU tersebut, pemungutan suara akan berlangsung 9 Desember 2020.

Ia menuturkan, KPU Kabupaten Bandung siap melanjutkan tahapan Pemilihan. Kesiapan ini diawali dengan pengaktifan kembali anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) serentak se-Kabupaten Bandung yang akan dilaksanakan secara daring Senin, 15 Juni 2020. Rapat-rapat koordinasi terkait pembiayaan, pengamanan, dan hal-hal teknis lainnya telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu bersama stakeholders.

Tentang adanya penolakan DPD RI untuk penyelenggaraan pemilukada, menurut Agus, ituberorientasi kepada akan terjadinya sekerumunan orang di tengah Pandemi covid-19 yang akan menimbulkan kerawanan dalam penyebaran covid-19.

“Tapi setelah ada Surat Keputusan KPU Pusat, kami tetap akan melaksanakan tahapan-tahapan pemilukada dengan mengedepankan ptokol kesehatan bagi semua pihak,” katanya melalui telpon seluler, Sabtu (13/6/2020).

Iemenyebutkan, KPU Kabupaten Bandung, senantiasa berkomitmen untuk menyelenggarakan Pemilihan di tengah masa pandemi Covid-19 agar berlangsung aman dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai standar yang ditetapkan pemerintah.