Tugas Lain Disdamkar Garut, Layani Masyarakat Non Kebakaran

Kamis, 06-08-2020 19:03 WIB    51 VIEWS
Tugas Lain Disdamkar Garut, Layani Masyarakat Non Kebakaran

JABARNEWS.ID: Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut, selain bertugas memadamkan api dalam rumah, gedung maupun hutan, Disdamkar juga berperan melayani masyarakat non kebakaran, sebagaimana yang diamanatkan Permendagri Nomor 114 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum (SPM) untuk Sub Urusan Pemadam Kebakaran.

Menurut Kepala Disdamkar, Aah Anwar Saefulloh, dinas ini mempunyai tugas lain melayani non kebakaran, di antaranya penyelamatan korban banjir dan longsor, evakuasi hewan buas (sarang tawon, ular, dll.). Kemudian evakuasi pohon tumbang, penyelamatan orang tercebur sumur, evakuasi orang hilang di air (kecelakaan di laut), di hutan/gunung, dan evakuakuasi kecelakaan lalulintas.

“Dengan adanya tugas seperti itu kami terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya di bidang non kebakaran,” ungkap Aah Saefulloh, saat ditemui di kantornya Jalan Merdeka No.100, Haurpanggung, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (29/07/2020).

Aah juga menerangkan, pihaknya kini terus berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat dalam penanggulangan kebakaran dan non kebakaran dengan memanfaatkan personil dan peralatan yang masih relatif kurang.

"Untuk penanganan non kebakaran, misalnya, pihaknya mengandalkan I unit mobil operasional rescue 1, dengan beranggotakan 20 personel anggota rescue, dengan peralatan yang di miliki diantaranya tripod, harnes, full body harnes, carbiner petz serow, carbiner mad rock, dan perlengkapan lainnya," tuturnya.

Dikatakan Aah, dalam pelaksanaan tugas di lapangan, khusus untuk penanganan penyelamatan non kebakaran Disdamkar menerapkan Standar Operasi Pelayanan (SOP) khususnya untuk penyelamatan non kebakaran.

“Kami menerjunkan 6 personil tim rescue, yang dipimpin oleh kepala seksi kami,” katanya didamping Kepala Seksi Pelayanan Penyelamatan Non Kebakaran, Dadan Wandi Wandani.

Aah mengungkapkan, Disdamkar Kabupaten Garut, terutama di markas Jalan Merdeka, kini hanya memiliki 2 unit kendaraan mobil pancar yang baru, disamping mobil pancar lama sebanyak 3 unit, ditunjang 2 unit mobil water supply, dan 3 unit mobil jepang tanpa tanki, 1 unit ambulans.

Humas Garut