Ketua DPRD Kota Bandung Dorong Pemkot Bandung Waspada Bencana Musim Hujan

JABARNEWS.ID: Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mendorong Pemerintah Kota Bandung untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi potensi kebencanaan seiring mulai memasukinya musim hujan.

Menurut Tedy, berdasarkan informasi dari BMKG, selama musim hujan wilayah Jawa Barat khususnya Bandung Raya berpotensi rentan terjadi bencana hidrometeorologi, sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan seluruh pihak terkait dalam mencegah terjadinya hal tersebut.

“Sejak pekan ini Kota Bandung mulai memasuki situasi cuaca ekstrem, di mana hujan kerap turun secara tiba-tiba, bahkan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang yang rawan mengakibatkan musibah, seperti pohon tumbang tadi pagi,” ujarnya, di Bandung, Senin (18/10/2021).

“Oleh karena itu, Pemkot Bandung harus siap siaga dalam mengantisipasi setiap potensi kebencanaan yang mungkin dapat datang secara tiba-tiba,” lanjutnya.

Tedy pun mendorong agar pihak DPKP3 Kota Bandung lebih sering melakukan pemeriksaan setiap pohon yang ada di Kota Bandung, khususnya pohon yang sudah berumur dan jenis-jenis rentan tumbang saat diterpa hujan deras dan angin kencang.

“Kita tentunya tidak bisa memprediksi kapan datangnya hujan deras, angin puting beliung, atau fenomena alam lainnya, tapi yang jelas upaya antisipasi harus terus dilakukan oleh DPKP3 Kota Bandung agar musibah serupa tidak terulang, beruntung tidak ada korban atas musibah tadi pagi,” ucapnya.

Baca Juga: Tedy Rusmawan Majukan Program Mapag Hujan, Antisipasi Banjir di Perkotaan

Menurut Tedy, DPKP3 Kota Bandung seharusnya memiliki data terkait kondisi dari setiap pohon yang berdiri di sisi jalan di Kota Bandung. Maka mengacu dari data itu dan melihat kondisi di lapangan, upaya antisipasi harus terus dilakukan seperti memotong bagian dahan dan ranting yang terlalu panjang yang berpotensi membahayakan orang atau benda yang berada di bawahnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar selama musim penghujan ini agar tidak memarkirkan kendaraannya di bawah pohon, papan reklame, dan benda-benda yang rentan rubuh sehingga berpotensi menimpa kendaraan, dan dikhawatirkan menyebabkan jatuhnya korban.

“Jadi setiap pohon harus dicek kondisinya, terutama yang berada di jalan arteri yang memiliki mobilitas aktivitas masyarakat dan kendaraan yang cukup tinggi, seperti di jalan Tamansari, Dago, Supratman, dan jalan arteri lainnya. Selain itu, pohon-pohon yang memiliki dahan dan ranting yang rentan patah, juga baiknya dilakukan pemangkasan sesegera mungkin. Jangan tunggu ada kejadian dulu baru bergerak, dan semua jadi terlambat,” pungkasnya.*

Redaksi
Author: Redaksi

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed