oleh

Ketua KPU Kota Bandung Sebut Calon Pemilih Harus Berpendidikan

JABARNEWS.ID, Bandung: Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan, pendidikan pemilih, partisipasi dan peran aktif dari semua elemen masyarakat kota bandung sangat dibutuhkan dalam menyukseskan pemilu dan pemilihan.

Hal ini disampaikannya saat peresmian Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (KP3) serta sudut literasi demokrasi “Mang Oded” di Kantor Kelurahan Antapani Tengah Jalan Jatiwangi Raya Bandung, Kamis (30/12/2021).

“Untuk mendorong peran aktif ini maka diperlukan proses keterbukaan informasi dan pendidikan pemilih. Karena pendidikan pemilih merupakan salah satu elemen penting dalam demokrasi yang akan melahirkan pemilih yang mandiri,” katanya.

“Dan lokusnya untuk di kota bandung adalah kelurahan antapani tengah. Bagaimana masyarakat di kelurahan khususnya di Antapani Tengah lebih melek terkait demokrasi dan lebih kuat terhadap demkorasi. Sehingga mereka siap berperan aktif disemua lini tidak hanya sebagai pemilih yang cerdas tapi juga menjadi bagian dari penyelenggara pemilu,” imbuhnya.

Lebih lanjut Suharti menjelaskan, untuk menanamkan kematangan dan kesadaran masyarakat tentang konsep dasar demokrasi dan hak-hak dasar masyarakat sebagai warga negara di samping pengetahuan lain terkait tahapan pemilu dan pemilihan, KPU Kota Bandung juga menyediakan sudut literasi demokrasi.

“Menyediakan buku-buku terkait informasi kepemiluan untuk dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat di Antapani Tengah dan sekitarnya,” jelasnya.

Suharti berharap, seluruh masyarakat bisa mengadopsi dan bisa menginisiasi program KP3 demi terwujudnya masyarakat Kota Bandung yang paham demokrasi.

Sementara itu Camat Antapani, Rahmawati Mulia menuturkan, adanya sudut literasi demokrasi di kelurahan Antapani Tengah merupakan bentuk perwujudan visi misi Kota Bandung yaitu Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis.

“Alhamdulillah bekerja sama dengan KPU Kota Bandung, mungkin antapani ini sebagai salah satu yang baru dimulainya untuk adanya sudut literasi. Ini akan dijadikan tempat bertukar informasi bagi tokoh masyarakat terutama para pemuda sebagai pemilih pemula untuk meningkatkan kualitas pemilih dan pemilihan,” tuturnya.*(Redaksi)

Redaksi
Author: Redaksi

redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed