oleh

Mahasiswa Teknik Kimia Unsika Menjadi Pemenang Pada PPTM 2021

-Advertorial, Berita-1.085 views

Jabarnews.id – Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) telah dilaksanakan pada tanggal 6 Januari 2021. Seluruh mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Kimia mengikuti acara tersebut yang diarahkan oleh dosen MKWU (Mata Kuliah Wajib Umum) yakni bapak M Januar Ibnu Adham, S.Pd., M.Pd. pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Dalam acara pers tersebut Menteri Luar Negeri (Menlu) yakni ibu Retno Lestari Priansari Marsudi, S.I.P, LL.M. menyampaikan beberapa laporan tahunan yang telah dilakukan sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat luas guna memberikan beberapa aspirasi lain dan sebagai bentuk evaluasi untuk meningkatkan kinerja jajaran Kemenlu ke depannya. Menlu Indonesia menyatakan dan menginformasikan beberapa hal setelah menyapa dan membuka acara tersebut terkait dengan diplomasi dalam PPTM tersebut.

Pertama, dalam informasinya ibu Menlu menyampaikan Capaian Capaian Diplomasi pada Tahun 2020. Dalam beberapa poinnya berupa Perlindungan WNI, mendukung upaya penanganan pandemi baik di bidang kesehatan maupun ekonomi, berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas dunia, Indonesia menjaga kedaulatan NKRI, menjalin terus hubungan dengan negara luar melalui online communication, kerja sama pembangunan terus dikembangkan, memberikan kontribusi hibah kepada Fiji, Solomon Island dan Timor Leste.

Kedua, membahas mengenai Catatan Program Diplomasi RI Tahun 2021, program yang direncanakan pada PPTM ini yakni mendukung kemandirian dan ketahanan kesehatan nasional atau national health security strategy, mendukung pemulihan ekonomi dan pembangunan hijau atau pembangunan berkelanjutan, memperkuat sistem perlindungan WNI, berkontribusi untuk memajukan isu kawasan dan dunia, serta menjaga kedaulatan dan integritas wilayah.

Acara PPTM disiarkan secara live streaming pada channel youtube MoFa Indonesia. Pada acara tersebut jajaran ataupun pihak panitia menyelenggarakan juga beberapa kuisioner yang bertema What The Minister Said. “Saat itu saya mengikuti rekam jejak pendapat tersebut dan mengisi beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan isi dari materi yang disampaikan ibu Menlu pada acara inti PPTM” ujar Daffa (19). Empat bulan kemudian, pada tanggal 21 Mei 2021 diumumkan pemenang dari kuis tersebut yaitu Daffa Meifan Kusuma mahasiswa semester 2 (Angkatan 2020) dari program studi S-1 Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang menjadi pemenang pada kuis tersebut dari sekian banyaknya penjawab kuis yang mengikuti acara PPTM ini. Hal ini diakses melalui postingan di IG @kemlu_ri

Pihak dari Kemenlu pun langsung membuat agenda rapat melalui Zoom meeting pada hari Rabu, 02 Juni 2021. Dalam rapat tersebut, selain Daffa ada juga beberapa pemenang lomba lainnya dari setiap kategori yang berbeda sebanyak 3 orang. Keempat orang tersebut melalui daring tersebut yang disampaikan oleh pihak Kemenlu berkesempatan menjadi perwakilan RI untuk belajar diplomasi ke beberapa negara yang telah didiskusikan sebelumnya. Kemudian. dikarenakan masih gencarnya pandemi ini tak menutup kemungkinan kepada para pemenang lomba untuk menerima hadiahnya secara virtual dan para peserta diminta untuk memaklumi serta turut berkontribusi dalam menurunkan klaster penyebaran virus Covid-19. “Ini menjadi sebuah kesempatan berharga dan harus dimaksimalkan sebaik mungkin, terima kasih. Apresiasi ini selain ditujukan kepada bapak M Januar Ibnu Adham, S.Pd., M.Pd. juga diberikan Koordinator Program Studi S-1 Teknik Kimia ibu Dessy Agustina Sari, S.T., M.T. beserta para dosen dan pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu atas dukungan serta dorongannya untuk terus mengembangkan kemampuan akademik dan non akademik seluruh mahasiswa Teknik Kimia unsika” ucapan rasa syukur Daffa (19). Di sisi lain para pemenang lainnya juga sangat merasa bersyukur dan menjadi modal untuk belajar ke depannya lagi.

Admin
Author: Admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed