Politisi Partai Ummat, M.S. Kaban: Pemimpin Kuat Dapat Bentuk Karakter Bangsa

JABARNEWS.ID, Bogor: Dewan Syura Partai Ummat, M.S. Kaban menyebutkan kuat tidaknya seorang pemimpin bergantung pada karakter bangsa yang dibangunnya. Jika kekuasaan tersebut tidak mampu membangun karakter bangsa yang kuat, maka pemimpin tersebut dianggap lemah.

“Pemimpin yang kuat itu akan memberikan pengaruh besar kepada rakyat, karena pemimpin adalah cerminan rakyat. Kalau kekuasaan itu digunakan untuk mempertahankan kekuasaan, itu dibilang orang kuat. Tapi kalau kekuasaan itu tidak dapat membangun karakter bangsa, dia adalah pemimpin lemah,” ungkap M.S. Kaban dalam podcast Mulhandy TV, Senin (14/2/2022).

Selain itu, Kaban menilai kemajuan ilmu pengetahuan di suatu negara sangat berkorelasi dengan kualitas pemimpinnya.

“Maju atau tidak ilmu pengetahuan itu berkorelasi dengan kualitas pemimpinnya. Semakin terbuka pemimpinnya, semakin demokratis kepemimpinannya, keilmuan akan maju. Semakin otoriter pemimpinnya, semakin tertutup kepemimpinannya, sebaliknya,” sebut politisi partai Ummat tersebut.

Ditanya IKN, M.S. Kaban Bandingkan dengan Esemka

Ketika ditanya terkait proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru, Kaban blak-blakan menyebut tidak harus ada IKN baru untuk membangun Kalimantan. Ia menyandingkannya dengan proyek mobil Esemka yang dianggapnya tidak ada wujud.

“Tidak harus IKN untuk memajukan Kalimantan. Kalau saya bilang ini nasibnya seperti mobil Esemka. Idenya ada, undang-undangnya ada, tapi wujudnya susah,” ujar Kaban.

Kaban lalu berpendapat alih-alih membangun ibu kota baru, pemerintah seharusnya menginstruksikan perusahaan-perusahaan besar untuk “mengeksploitasi” Kalimantan dengan membangun gedung-gedung baru dan memindahkan SDM mereka ke sana.

“Membangun Kalimantan itu tidak perlu dengan membangun ibukota. kalau pemerintah punya keinginan, pakai saja perusahaan-perusahaan yang ‘mengeksploitasi’ pulau Kalimantan. Suruh mereka bangun gedung-gedung kantor mereka ke sana. Pindahkan karyawan-karyawannya ke sana, itu jauh lebih menguntungkan untuk mereka,” tutur Kaban.*(Redaksi)

Redaksi
Author: Redaksi

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed