Mirza Agam Gumay Optimis dengan Potensi Pemekaran Wilayah di Cianjur Selatan

JABARNEWS.ID: Anggota DPRD Jawa Barat Dapil IV Kabupaten Cianjur, Mirza Agam Gumay masih percaya dengan potensi pemekaran wilayah di Cianjur Selatan. Pasalnya, wacana pelebaran Cianjur Selatan telah melewati berbagai kajian yang mendalam.

“Jangan disamaratakan semua, seolah semua akan gagal, termasuk Cianjur. Cianjur memiliki potensi ekonomi sangat besar, tetapi karena wilayahnya sangat luas, anggaran terbatas, akibatnya belum semua potensi bisa digerakkan,” ungkap Agam saat dihubungi melalui telpon, Jumat (19/1/2024).

“Kalau pemekarannya disetujui, niscaya pembangunan Cianjur Selatan akan berjalan lancar, untuk membawa kesejahteraan bagi semua warga,”sambungnya.

Pembahasan tentang pemekaran Cianjur sendiri sudah berlangsung lama. Tokoh masyarakat, pemuda hingga tokoh agama sepakat untuk memekarkan Cianjur menjadi Cianjur Selatan.

Secara geografis, menurut Agam, Kabupaten Cianjur layak dilebarkan. Terbukti, waktu tempuh dari Cianjur menuju Cianjur Selatan mencapai 5 jam. Daerah Cianjur sendiri meliputi wilayah yang sangat luas, mencapai 32 kecamatan.

Dari wilayah seluas, itu sebagian kondisi alamnya berkelok serta berbukit. Cianjur Selatan juga memiliki potensi ekonomi yang tidak kecil. Mulai dari pertanian, kekayaan laut hingga pariwisata.

“Potensi ekonomi di Cianjur sangat besar, tetapi belum dimanfaatkan secara baik. Akibatnya, kesejahteraan masyarakatnya masih memprihatinkan,” ujar Agam.

Dari 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur, 14 kecamatan di antaranya akan berpisah dan membentuk Kabupaten Cianjur Selatan. 14 kecamatan tersebut yaitu Sindangbarang, Sukanagara, Pagelaran, Tanggeung, Cibinong, Pasirkuda, Cijati, Leles, Cidaun, Karupandak, Takokak, Naringgul, Cikadu, dan Agrabinta.*(Adv)

Redaksi
Author: Redaksi

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed