Pentingnya Warisan Budaya Lokal, Mirza Agam Gumay: Jabar Punya Keindahan Sendiri

JABARNEWS.ID: Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Mirza Agam Gumay mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga warisan budaya Indonesia, khususnya Jawa Barat. Pasalnya, saat ini warisan budaya bisa hilang digerus modernisasi.

“Jadi kita dari DPRD melibatkan masyarakat khususnya Jawa Barat untuk ikut serta dalam mengolah kebudayaan. Karena tidak akan mungkin hanya pemerintah saja yang bertanggung jawab untuk itu,” kata Agam saat dihubungi via telpon, Rabu (24/1/2024).

Menurutnya, budaya Jawa Barat itu memiliki keindahan tersendiri namun sayangnya masyarakat masih banyak yang belum tertarik. Apalagi saat ini mayoritas penduduk adalah generasi muda yang cenderung tertarik dengan budaya luar.

“Jadi ada peran serta para ibu dan bapak untuk bisa mendidik anaknya dengan baik. Bagaimana memberikan pengetahuan kepada mereka dan mengatakan ini loh budaya kita yang bagus sekali,” sebut Agam.

Politisi Partai Gerindra itu menerangkan, harusnya masyarakat Indonesia bangga dengan budaya lokal. Oleh karena itu, Agam juga berharap semua elemen masyarakat dan stakeholder di pemerintahan bisa bekerja sama dengan baik demi merawat dan mengolah kebudayaan dengan sebaik-baiknya.

Agam menambahkan, saat ini budaya seni lokal yang sering muncul di hajatan juga ikut terkikis oleh alat musik modern seperti organ tunggal. Anak muda saat ini pun cepat bosan dengan cerita wayang yang biasanya memiliki durasi panjang.

“Sehingga budaya lokal harus diperbaharui dan disesuaikan dengan jaman sekarang,” tutupnya.*(Adv)

Redaksi
Author: Redaksi

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed